Home > Tips > Don’t be a Hardworker

Don’t be a Hardworker

multitasking.jpgSepulang dari kantor, secara tidak sengaja saya melihat majalah wanita tergeletak di atas meja. Iseng-iseng saya buka halaman demi halaman, sampai mata tertumpu pada sebuah judul: Jangan Mau Jadi Hardworker. Isinya mengenai tips-tips untuk menjadi pekerja yang cerdas, bukan pekerja keras. Topik tentang ini sebetulnya sudah usang, tidak ada sesuatu yang menggugah. Awalnya saya enggan membacanya kalau saja siang itu di kantor -secara tidak sengaja pula- terbaca judul yang sama di sebuah website.

Ada apa ini, judul tulisan yang sama sampai dua kali menyapa hari itu. Saya pikir bukan suatu kebetulan sebuah tips mampir di depan mata ketika otak sedang berputar mencari solusi bagaimana me-manage waktu agar lebih efektif lagi. Sepertinya hal yang nampak remeh-temeh ini adalah sebuah ‘ayat’ yang patut dicermati. Saya memang tergolong jenis manusia yang bermasalah dengan manajemen waktu. Dan Tuhan selalu saja sekali lagi dan sekali lagi mengingatkan.

Jadi hardworker sebelumnya dipandang baik. Namun belakangan cara ini tak lagi populer. Apalagi di zaman serba hemat seperti saat ini. Menjadi hardworker yang identik dengan berada lebih lama di kantor dianggap tidak lagi efisien dan merupakan suatu pemborosan. Penambahan jam kerja juga bisa membuat kita dinilai tak punya manajemen kerja yang baik sehingga tak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Daripada menghabiskan seluruh waktu di kantor tapi malah dipandang negatif, mengapa tidak mencoba lebih efisien dan bekerja lebih smart. Dan untuk menjadi smartworker (katanya) tidak susah. Hanya perlu bekerja sambil berpikir dan berprinsip, “bagaimana pekerjaan bisa saya kerjakan lebih cepat dan lebih fleksibel”.

Kalau boleh sedikit membandingkan, sebagian besar negara Eropa dan Amerika sudah menerapkan prinsip smartworker ini. Contohnya Italia yang sudah memberlakukan jam kerja hanya 5 jam sehari. Kita jadi punya lebih banyak waktu mengembangkan hobi atau minat lain.

Nah, ini dia katanya tips-tips untuk menjadi smartworker:

  • Mulailah dengan memusatkan perhatian pada pekerjaan. Kurangi hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian, seperti ngobrol atau bergosip dengan rekan kerja terlalu lama (baik langsung, via telpon, atau chatting), jauhkan katalog dan bahan bacaan pribadi dari wilayah kerja, dan sebagainya. Untuk hal-hal seperti itu ada waktunya sendiri setelah jam kerja usai.
  • Hindari menunda pekerjaan dan cobalah mengerjakannya dengan sistem multitasking. Dengan cara ini, kita bisa mengerjakan dua atau tiga tugas sekaligus sehingga bisa lebih menghemat waktu.
  • Untuk memudahkan, gunakan teknologi secara bijak, misalnya gunakan internet seperlunya. Apalagi jika pekerjaan sedang menumpuk. Manfaatkan teknologi tersebut untuk mempercepat selesainya tugas-tugas.
  • Dengan mengoptimalkan waktu kerja, tak hanya menjadi lebih efisien tapi juga lebih produktif. Bukan mustahil dengan semakin sederhana kehidupan kerja dan semakin sedikit waktu kerja kita, semakin banyak hal-hal yang kita hasilkan dalam hidup.

Tips di atas memang saya ambil “hanya” dari sebuah majalah wanita. Namun ini berkaitan erat dengan manajemen waktu yang sesungguhnya sangat dijunjung tinggi dalam Islam. Waktu adalah harta termahal yang tak dapat ditukar dengan apapun supaya ia kembali. Waktu berlalu tanpa kita merasakan putaran rodanya yang melaju begitu cepat. Time flies, bagitu pepatah barat mengatakan. “Waktu adalah pedang, bila engkau tidak memanfaatkannya niscaya ia akan memotongmu,” demikian Imam Ali bin Abi Thalib berkata. []

Cat:
Tips diambil dari majalah wanita Chic, diedit seperlunya.

Categories: Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: