Home > Tips > Ketika Sakit

Ketika Sakit

Semula paradigma kesehatan berpusat pada asal-usul penyakit. Banyak penelitian menemukan pengaruh stress, rasa cemas, marah, atau takut berdampak buruk pada kesehatan, mulai flu, maag, hingga kanker. Belakangan paradigma mulai bergeser. Penelitian mulai memfokuskan pada seberapa jauh pengaruh kebahagiaan pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Salah satu di antara banyak peneliti yang mengembangkan paradigma tersebut adalah Martin Seligman, seorang penggagas psikologi positif dari University of Pennsylvania. Ia menemukan keterkaitan antara sikap hidup optimis (yang melahirkan rasa bahagia) dengan kesehatan fisik dan jiwa seseorang.

Suatu hal lumrah jika manusia optimis akan merasa lebih berbahagia dibanding manusia pesimis. Ketika sesuatu yang buruk menimpa, orang optimis menganggap itu hanya sementara saja dan akan segera berakhir. Sebaliknya, orang pesimis menganggapnya sebagai malapetaka yang bisa jadi akhir dari segalanya. Lebih lanjut, sikap optimis -yang melahirkan rasa bahagia- mampu membatasi dampak kejadian buruk bagi perkembangan mental mereka, yang sekaligus juga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan fisik seseorang.

Dari sudut pandang agama, manfaat dari sikap optimis ketika menderita sakit tergambar dari perkataan Imam Ali bin Abi Thalib kepada seorang sahabat yang sedang menderita sakit:

“Semoga Allah menjadikan sakit yang kau keluhkan itu sebagai penyebab gugurnya dosa-dosamu. Kendatipun sesungguhnya tidak ada pahala disediakan bagi penderitaan karena sakit, namun hal itu dapat menggugurkan dosa-dosa seperti gugurnya daun-daun kering dari pohon. Adapun pahala-pahala hanyalah disediakan bagi kebaikan ucapan lidah atau perbuatan tangan dan kaki. Dan Allah Swt memasukkan siapa yang dikehendaki-Nya ke dalam surga dengan adanya niat yang tulus dan hati yang bersih.”

Sabar menghadapi penyakit berarti berserah diri kepada Allah sembari bertobat dari segala dosa. Dengan cara itulah dosa-dosa menjadi gugur. Adapun pahala, memang hanya dapat diperoleh dengan beramal secara ikhlas.

Sakit merupakan musibah atau episode kemalangan dalam hidup. Mengenai hal ini, Jalaluddin Rumi memberikan tips ketika kita ditimpa kemalangan:

“Ketika kau memasuki kebun
Apakah yang kau lihat duri atau bunga?
Habiskan lebih banyak waktu bersama sang mawar dan melati.”

Pemilihan kata ‘habiskan lebih banyak waktu’, bukan ‘habiskan seluruh waktu’, merupakan sebuah isyarat bahwa sesungguhnya ‘duri’ diperlukan juga dalam hidup. Duri adalah kemalangan yang seharusnya menempa kita agar lebih tangguh. Jika saja hidup kita terus menerus diisi kesenangan, bisa jadi kita akan terbuai dan menjadi lupa. Jika saja kemalangan tak pernah menghampiri hidup kita, mungkin kita akan kehilangan apresiasi terhadap kesenangan. Jika sakit tak pernah menimpa kita, bisa jadi kita akan kehilangan apresiasi terhadap kesehatan.

Di tempat lainnya Imam Ali berkata: “Teruslah berjalan dalam sakitmu sementara engkau masih sanggup”. Maksud ucapan beliau adalah, ketika kita sakit (dan tidak terlalu parah), jangan terlalu menganggapnya serius. Menyerah kepada penyakit dengan menganggapnya serius akan membuat perasaan terpengaruh dan justru membuat sakit bertambah parah. Lakukan kegiatan dan kalahkan khayalan tentang penyakit yang diderita. Ini akan mencegah melemahnya daya tahan tubuh.

Jauh-jauh hari sebelum Martin Selligman atau para psikolog lainnya mendapatkan berbagai temuan, para arif sudah menyuarakan isyarat itu. Maka tak heran jika orang sakit yang bersikap optimis akan lebih cepat sembuh ketimbang yang bersikap pesimis. []

Categories: Tips
  1. February 25, 2009 at 8:34 am

    salam kenal, semoga usaha Anda sukses..

    Jika berkenan berkunjung ke blog linus fans.
    Sudah tahu Linus Airways?
    Perusahaan penerbangan baru yang menerbangi beberapa wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

    Saat ini dari Jakarta – Palembang-Batam-Pekanbaru-Batam-Medan.(PP),
    Jakarta-Tanjung Pandan-Jakarta-Pangkalan Bun-Semarang- Pangkalan Bun- Jakarta.
    Untuk info lebih lanjut 021. 6220 3755

    Dalam waktu dekat ini akan membuka Route baru Bandung-Palembang (PP) akan sangat menyenangkan jika Anda mau menyebarkan informasi ini ke segenap rekan Anda.

    Semoga persahabatan kita bisa berlanjut ke dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.
    Sukses selalu buat Anda.

    e-mail: linus.fans@yahoo.com
    htpp://linusfans.wordpress.com
    http://www.linusairways.co.id

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: